Posted on Leave a comment

Bahaya Leptospirosis Sedang Mengancam Kita

Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini. Beberapa jenis hewan yang bisa menjadi pembawa leptospirosis merupakan anjing, hewan pengerat seperti tikus, dan kelompok hewan ternak seperti sapi atau babi. Bakteri tersebut bisa bertahan hidup dalam ginjal hewan yang terinfeksi.

Leptospirosis bisa menyerang manusia melalui paparan air atau tanah yang telah terkontaminasi urine hewan pembawa bakteri leptospira. Penyakit infeksi bakteri ini banyak terjadi di daerah yang terkena banjir. Leptospirosis juga rentan menyerang orang-orang yang biasa kontak dengan hewan tersebut.

Gejala Leptospirosis

Gejala penyakit leptospirosis, di antaranya merupakan:

  • Mual
  • Muntah
  • Meriang
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Sakit perut
  • Diare
  • Kulit atau area putih di mata yang menguning
  • Demam
  • Ruam
  • Konjungtivitis

Leptospirosis biasanya menunjukkan gejala secara mendadak dalam waktu 2 minggu setelah penderita terinfeksi. Di sebagian kasus, gejala baru terlihat setelah 1 bulan.

Pasca kemunculan gejala, penderita leptospirosis biasanya akan pulih dalam waktu 1 minggu setelah sistem imunitas bisa mengalahkan infeksi. Namun sebagian penderita akan mengalami tahap kedua penyakit leptospirosis yang dikenal sebagai penyakit Weil. Gejala penyakit Weil ini ditandai dengan dada terasa nyeri, serta kaki dan tangan yang bengkak.

Selama terserang tahap kedua penyakit leptospirosis ini, bakteri bisa menyerang organ lain sehingga kondisi menjadi lebih parah. Keadaan tersebut ditunjukkan dengan:

  • Gangguan di paru-paru dengan gejala batuk, napas pendek, dan batuk yang mengeluarkan darah.
  • Gangguan di ginjal yang bisa berujung dengan kondisi gagal ginjal.
  • Gangguan di otak yang ditunjukkan dengan gejala meningitis.
  • Gangguan di jantung yang memicu peradangan jantung (miokarditis) atau gagal jantung.
  • Penyebab dan Faktor Risiko Leptospirosis

Leptospirosis disebabkan oleh infeksi bakteri leptospira yang dibawa oleh hewan tertentu. Leptospira bisa hidup selama beberapa tahun pada ginjal hewan yang terinfeksi bakteri ini, lalu dikeluarkan melalui urine hewan tersebut sehingga bisa mengkontaminasi air atau tanah di lingkungan. Bakteri yang mengontaminasi air dan tanah tersebut bisa bertahan dalam hitungan bulan atau tahun. Sementara hewan yang terkena infeksi ini bisa terus menyebarkan bakteri meski tidak menunjukkan gejala penyakit ini.

Penularan di manusia terjadi saat adanya kontak langsung antara manusia dengan urine hewan yang terinfeksi, atau dengan air, tanah, dan makanan yang telah terkontaminasi urine hewan yang terinfeksi bakteri leptospira. Bakteri ini memasuki tubuh melalui kulit pada luka terbuka, kulit yang kering, atau lapisan lendir tubuh (seperti mata, hidung, atau mulut). Biasanya manusia bisa terserang leptospirosis saat terserang banjir di mana air tersebut sudah terkontaminasi urine hewan yang terinfeksi bakteri lepstospira. Meski demikian, bakteri ini tidak bisa disebarkan antarmanusia, meski penularan masih bisa terjadi melalui air susu ibu atau hubungan seksual. Setelah memasuki tubuh, bakteri ini juga bisa menyebar melalui aliran darah dan sistem getah bening pada organ-organ dalam tubuh.

Leptospirosis banyak ditemui di area tropis dan subtropis, di mana udaranya panas dan lembap yang membuat bakteri ini bisa bertahan hidup lebih lama, seperti Afrika, Amerika Selatan, Karibia, serta Asia Tengah dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Risiko penularan juga ditemui pada manusia yang berkegiatan di luar ruangan atau sering melakukan kontak dengan hewan. Risiko mengalami lepstospirosis juga bisa ditemui pada orang yang berenang, atau mengggunakan rakit dan perahu di sungai atau danau yang tercemar bakteri leptospira, dan juga orang yang berkemah di sekitar sungai atau danau tersebut. Beberapa jenis pekerjaan yang memiliki risiko lebih besar untuk menderita leptospirosis merupakan:

  • Petani
  • Peternak atau pengurus hewan
  • Personel militer
  • Pekerja di pemotongan hewan
  • Pembersih saluran pembuangan atau selokan
  • Pekerja tambang

Diagnosis Leptospirosis

Proses penegakan diagnosis leptospirosis bisa dilakukan melalui gejala, riwayat penyakit pasien, serta pemeriksaan fisik. Selain itu, beberapa tes penunjang juga bisa dilakukan untuk membantu memastikan diagnosis leptospirosis dan mengetahui tingkat keparahan yang dialami pasien. Tes penunjang tersebut, antara lain:

  • Tes urine, untuk melihat keberadaan bakteri leptospira dalam urine.
  • Tes darah, untuk melihat adanya bakteri dalam aliran darah, dan antibodi dalam tubuh. Pemeriksaan antibodi dalam darah perlu diulang lagi dalam waktu 1 minggu untuk memastikan hasilnya, karena hasil positif bisa saja ditunjukkan dari infeksi lain yang terjadi sebelumnya.
  • Pemeriksaan fungsi ginjal, untuk melihat kondisi ginjal dan infeksi bakteri ini pada ginjal.
  • Pemeriksaan fungsi hati.
  • Foto Rontgen paru, untuk melihat apakah infeksi sudah menyebar hingga ke organ paru-paru.
  • Pengobatan Leptospirosis

Infeksi leptospirosis bisa diobati dengan antibiotik untuk membasmi bakteri dan mengembalikan fungsi tubuh yang terganggu akibat kondisi ini. Obat antibiotik yang umumnya digunakan untuk leptospirosis merupakan penisilin dan doksisiklin. Untuk kasus yang ringan, pasien bisa diberikan obat antibiotik tablet. Antibiotik biasanya diberikan selama 1 minggu dan harus dikonsumsi hingga obat habis untuk memastikan infeksi sudah bersih. Dalam waktu beberapa hari setelah pengobatan, kondisi penderita biasanya sudah pulih.

Selain antibiotik, obat pereda nyeri, seperti paracetamol juga bisa diberikan untuk mengatasi gejala awal leptospirosis, seperti demam, sakit kepala, atau nyeri otot.

Apabila penyakit leptirospirosis berkembang lebih parah atau sering disebut penyakit Weil, maka pasien perlu menbisakan perawatan di rumah sakit. Pada kondisi ini, antibiotik akan disuntikkan ke dalam pembuluh darah vena dalam tubuh. Saat infeksi telah menyerang organ tubuh, maka beberapa penanganan tambahan diperlukan untuk menjaga sekaligus mengembalikan fungsi tubuh, seperti:

  • Infus cairan, untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada penderita yang tidak bisa minum banyak air.
  • Pemantauan terhadap kerja jantung.
  • Pemakaian alat bantu pernapasan apabila terjadi gangguan pernapasan pada penderita.
  • Dialisis atau cuci darah, untuk membantu fungsi ginjal.
  • Kemungkinan sembuh penyakit Weil tergantung dari organ mana yang ikut terserang infeksi dan tingkat keparahannya. Kematian pada pasien leptospirosis parah yang terjadi biasanya disebabkan oleh komplikasi gangguan paru, ganguan ginjal, atau perdarahan dalam tubuh.

Pencegahan Leptospirosis

Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjangkit penyakit leptospirosis, di antaranya:

  • Hindari air yang sudah terkontaminasi dan pastikan kebersihan air sebelum mengonsumsinya.
  • Jauhi binatang yang rentan terinfeksi bakteri, terutama tikus liar yang paling banyak membawa bakteri leptospira.
  • Bersikap cermat terhadap lingkungan, terutama saat bepergian.
  • Gunakan disinfektan apabila perlu.
  • Gunakan pakaian yang melindungi tubuh dari kontak langsung dengan hewan pembawa bakteri leptospira, serta bersihkan dan tutup luka dengan penutup tahan air agar tidak terpapar air yang terkontaminasi bakteri.
  • Mandi secepatnya setelah berolahraga dalam air.
  • Jaga kebersihan dan cuci tangan setelah melakukan kontak dengan hewan atau sebelum makan.
  • Vaksinasi hewan piaraan atau ternak supaya terhindar dari leptospirosis.

Sumber Artikel ( Alodokter.com )

Cari seputar pabrik tas cek disini : Pabrik Tas | Pabrik Tas Jakarta | Pabrik Tas Bandung | Pabrik Tas Surabaya

Posted on Leave a comment

Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Orang Ketahui

Kemangi si ordo lamiales. Daun yang banyak tumbuh di kawasan Amerika dan Asia. Menurut Wikipedia Kemangi adalah  terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau.

Pasti sering kita temui, semangi digunakan sebagai salah satu daftar lalapan, diwarung makan, atau lesehan. Ditemankan dengan timun dan kubis. Bagi sebagian besar orang yang kurang menyukainya, pasti ketika memakannya akan berasa pahit keaneh-anehan, dan akan dibuang dengan sia-sia.

Anda tahu batang kemanginya? Selain daun, ternyata bijinya bisa djadikan minuman lezat mirip cendol. Caranya adalah dengan mengeringkannya, lalu merendamnya dalam air hangat. Tunggu sampai semua biji berubah, agar berasa bisa disajikan dengan  air gula.

Balik lagi ke daunnya, dibalik aromanya, rasanya ada banyak manfaat daun kemangi yang dimilikinya

  1. Penyakit jantung adalah pembunuh nomer satu di dunia. Sebelum penyakit tersebut menyerang kita, dan orang-orang yang kita cintai yuk mulai konsumsi kemangi sebagai daftar menu sehari-hari
  2. Gak nafsu makan, karena setiap makanan yang ada di depan berasa tak enak, bahkan memuakkan. Kurangnya nafsu makan tersebut ternyata berakibat buruk bagi kesehatan, seperti: tubuh akan kekurangan nutrisi, terserang sakit maag atau asam lambung, tubuh melemas dan lain-lain. biar hal tersebut gak sampai terjadi, cobalah konsumsi kemangi
  3. Gula darah yang naik sangat beresiko fatal, salah satunya kerusakan organ tubuh. Bersamaan dengan itu banyak beredar obat penurun diabetes yang dijual bebas. Daripada menghabiskan uang yang belum tentu buktinya, mending makan kemangi aja sebagai ramuannya.
  4. Bau mulut dan bau badan pasti bikin tak PD menjalani hari, pakai deodorant atau makan permen hanya bertahan beberapa jam saja. Mengonsumsi kemangi bisa jadi anti bau yang langsung dari dalam tubuh.
  5. Dari padaa beli pijat yang kadang bagi sebagain orang tidak cocok tersebab kandungannya, mending menggunakan kemangi. Dijamin tanpa efek samping.

Mau ragukan khasiat dan manfaat daun kemangi lagi, beneran gak nyesel, bisa saja masalah badan yang sering anda alami selama ini tersebab tak pernah makan pelangi.

Pabrik Tas | Pabrik Tas Jakarta | Pabrik Tas Bandung | Pabrik Tas Surabaya

Posted on Leave a comment

WAW! Manfaat Jengkol yang Bikin Kamu Mlongo

manfaat jengkol

Selalu dicap sayuran pemicu bau, itulah sebutan untuk Jengkol. Ukurannya lebih besar dari pete, pasti membuat sayuran ini terbilang lebih dahsyat bagi pecintanya. Sayuran ini tumbuh khusus di wilayah Asia tenggara. Dan Indonesia banyak menggunakannya sebagai bahan pangan. Walau begitu masih banyak orang Indonesia yang menjauhinya tersebab akibat-akibat yang ditimbulkan, padahal jika ditimang-timang rasanya lebih mending daripada petai. Olahan yang dihasilkan pun bisa  beraneka ragam, seperti Rendang Jengkol, Jengkol Balado, Sate Jengkol, Semur Jengkol, Jengkol Penyet dan masih banyak lagi. Udah hampir nyamain daging ya. Namun Manfaat Jengkol ini terbilang luar biasa

Artis Indonesia  banyak yang kepincut dengan rasa lezatnya. Si penyanyi , aktris cantik mantan personel Cherrybelle sekaligus suami dari Anandito Dwis penyanyi rohani, Anisa Rahma. Aktris Indonesia, yang dulunya menjadi salah satu pemain sinetron ‘kepompong”, Dinda Kirana. Dan penyanyi dangdut yang populer dengan lagunya “Lagi Syantik”, Siti Badriah atau akrab dipanggil Sibad. Bukan limbad loh ya.

Dibalik sayuran bulat itu bak logam itu, ternyata terkandung manfaat-manfaat jengkol yang luar biasa.

  1. Bagi anda para vegetarian, atau untuk anda yang alergi protein hewani,  memakan daging untuk sumber protein pasti jadi hambatan. Maka jengkol bisa jadi sumber protein yang murah. sate jengkol cocok untuk menu makan siang.
  2. Penyakit maag yang selalu kambuh di jam-jam rawan pasti sangat menghambat aktivitas, untuk itu coba keripik jenkol bisa jadi camilan yang pas.
  3. Kekurangan sel darah merah, dapat mengakibatkan badan lemas dan mudah lelah, pusing dan berkunang-kunang, nyeri dada. Daripada kebanyakan mengonsumsi penambah sel darah merah, konsumsi jengkol sebagai penggantinya.
  4. Usia 30an keatas sering mengalami kerapuhan tulang dan gigi, untuk mencegahnya. Rending jengkol yang empuk sangat dianjurkan.
  5. Perut buncit pasti bikin tidak PD. Sudah beli berbagai suplemen pengecil perut yang ditawarkan di toko-toko online tapi hasil nol. Daripada mencoba ini itu yang malah bisa berisiko bagi tubuh, gunakan yang alami saja, Si Jengkol super.

Apalagi yang perlu diragukan, yuk coba makan jengkol. Siapa tau kendala tubuh yang selama ini mengganggu bisa langsung musnah

Pabrik Tas | Pabrik Tas Jakarta | Pabrik Tas Bandung | Pabrik Tas Surabaya

Posted on Leave a comment

Kacang Bikin Jerawatan? Mitos Atau Fakta

Pernah takut jerawatan karena kacang. wah, bener gak ya mitos tersebut. Menurut riset Academy of Dermatology ternyata mitos itu tidaklah benar, kacang memang memiliki kandungan lemak, namun kandungan ini tidak sampai membuat penumpukan dan penyumbatan lemak pada pori pori kulit.

Kacang memiliki banyak variasi olahan yang menggoda iman, siapa sih yang gak suka kacang, apalagi si coklat hazelnut. Beberapa olahan kacang seperti, rempeyek kacang yang kriuk abis, kacang telur kacang bawang yang kacangnya berasa banget, kacang atom yang pas buat camilan ketika nonton televisi, sambal kacang untuk bumbu pecel yang seger.

Baca Juga : Dominan Otak Kiri Atau Otak Kanan, Cek Kecerdasan Anda!

Bila anda takut makan kacang bikin jerawatan segera singkirkan, yang justru membuat jerawatan adalah fastfood atau gorengan yang sering anda makan, kenali beberapa manfaat kacang tanah.

  1. Gemuk memang membuat kurang pede, mager untuk olahraga, dan sebagainya, nah dengan kacang tangan anda bisa menurunkan berat badan.
  2. Penyakit kanker perut pasti bahaya dong, bahkan mematikan. Untuk itu mengonsumsi kacang sebagai camilan bisa menjadi salah satu langkah untuk mencegahnya.
  3. Supaya tak sampai terkena penyakit jantung, jantung juga diklaim penyakit yang memicu kematian terbesar oleh karena itu dengan kacang anda bisa menjaga kesehatan jantung
  4. Selain apel, jeruk, nanas, kacang juga bisa dijadikan antioksidan dan gizi lain.
  5. Jika banyak orang bilang kacang bikin jerawatan salah, justru kacang dapat menjaga kesehatan kulit karena vitamin E yang dikandungnya.
  6. Daripada anda mahal-mahal beli coklat, kacang ternyata juga bisa menjadi anti depresi loh, tenang gak akan disangka monyet kok.
  7. Gula darah yang naik turun memang membuat kesehatan tubuh terganggu, apalagi saat di kantor dan tiba-tiba lemas karena gula darah menurun, kacang bisa menjadi pengontrol terbaiknya.
  8. Seorang wanita dan pria yang entah sudah menikah atau belum, pasti mendambakan kesuburan. Oleh karena itu kacang bisa menjadi camilan bersama pasangan.
  9. Semua orang pasti mendambakan tubuh yang sehat terhidar dari berbagai macam penyakit. kalau begitu mulailah mengonsumsi kacang.

So, jangan takut jerawatan saat makan kacang. Semua yang ditumbuhkan di dunia ini memiliki maksud, dan kacang bukan hama mematikan yang harus dihindari. Kenali manfaatnya, jangan hanya percaya mitos.

Pabrik Tas | Pabrik Tas Jakarta | Pabrik Tas Bandung