Pabrik tas Surabaya bisa menjadi tempat untuk kegitan produksi dan berperan sebagai tangan pertama pada rantai pasok. Kami dapat menyimpulkan pentingnya peran tangan pertama aliran tas di Surabaya untuk memasok kebutuhan tas bagi warga Surabaya. Ada baiknya pabrik tas tidak hanya terpusat pada sentra kerajinan Cibaduyut maupun Jogja.
Jika bag manufactured bermutu dengan harga terjangkau menjamur di lokasi ini, beberapa orang tidak perlu bingung mencari arena pada saat ini masih ada pabrik tas yang belum dapat memenuhi ekspektasi pelanggan. Warga membutuhkan pabrik tas yang sanggup memproduksi berbagai jenis dan model tas sesuai kebutuhan konsumen.
Tips agar pabrik tas Surabaya menjadi pilihan pelanggan :
1. Bahan tas yang bermutu
Kepuasan pelanggan akan terlihat dari perasaan senang saat mendapatkan tas yang awet dan berkualitas karena pabrik tas yang terpilih sudah berusaha sebaik mungkin. Sebagai produsen usahakan memakai bahan berkualitas tinggi untuk yang hasil yang maksimal. Jadi pelanggan bisa mempercayakan pesanannya kepada produsen.
2. Harga yang tidak terlalu mahal
Pastikan berikan harga terbaik untuk konsumen. Dengan begitu word of mouth dari konsumen akan memberikan citra baik kepada pabrik dalam rangka pemberian harga. Mereka akan menganggap pabrik kita menyediakan harga sesuai kantong dengan mutu yang baik. Konsumen juga yakin bahwa pabrik kita adalah yang mereka cari selama ini.
3. Melayani pelanggan dengan ramah
Konsumen akan menjadi pelanggan jika pabrik tas melayani pelanggan dengan sepenuh hati dan memastikan tersedianya solusi yang tepat untuk konsumen.
4. Hasil jahitan rapi
Memastikan setiap detail jahitan rapi dan terlihat bagus sebelum konsumen menerima tas membuat konsumen memilih kita dan memutuskan berlangganan. Untuk memastikan jahitan rapi jangan lupa cek barang agar sesuai dengan standar jahit yang sudah ditetapkan.
5. Menjanjikan ketepatan waktu
Pelanggan menyukai pabrik yang menyelesaikan produksi tepat pada waktunya. Kewajiban bagi pabrik untuk memastikan pesanan konsumen sampai tepat waktu.
6. Menyediakan garansi
Garansi menandakan pabrik bertanggungjawab atas hasil produksinya.
Menyediakan Kapasitas Produksi yang Besar
Dengan menyediakan kapasitas produksi yang besar, konsumen korporasi atau instansi pemerintah akan membantu untuk memenangkan tender karena mereka tahu kita memiliki kapasitas yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu pabrik juga bisa menyelesaikan produksi tas yang berjumlah banyak dengan tepat waktu karena tidak perlu melakukan outsourcing ke pabrik lain. Kadang-kadang pabrik yang kita percaya untuk bantu produksi tas membuat kita tidak yakin bisa menyelesaikan tepat waktu.
Kelengkapan Legalitas Pabrik Tas
Cobalah untuk menambahkan pelayanan untuk mengurus soal legalitas, surat rekomendasi atau masalah pajak dan pastikan legalitas pabrik juga lengkap agar konsumen merasa nyaman pesan tas tanpa menimbulkan masalah ke depannya. Umumnya yang wajib pabrik miliki adalah Surat Izin Usaha, NPWP, Izin dari KEMENAKER, Izin dari KEMENPERIN serta aturan mengenai kebersihan lingkungan.
Pentingnya Memperbarui Stok pada Pabrik Tas
Sebagai pemilik pabrik harus siap memperbarui stok karena ditakutkan ada pelanggan yang ingin memesan tas dengan waktu satu hari. Jika kita punya data terbaru mengenai stok dan ternyata model yang mereka inginkan tersedia di stok, kita dapat memberikannya kepada konsumen tersebut. Penerapan untuk memperbarui data stok perlu komunikasi terintegrasi antara bagian produksi, gudang dan penjualan.
Bersedia Mengirim Produk ke Seluruh Indonesia
Walaupun pabrik beroperasi di daerah Surabaya, kita harus memfasilitasi pemesanan barang untuk ke seluruh Indonesia. Kita tidak menduga asal konsumen kita berasal dari daerah mana saja. Bisa saja kita konsumen berada di desa yang ada di Lampung, Aceh bahkan Papua. Apalagi kalau tas yang kita produksi lebih murah daripada vendor tas di desa tersebut. Oleh karena itu, pabrik harus memastikan kemasannya kuat.
Memproduksi Berbagai Jenis Tas
1. Tas untuk seminar, promosi serta belanja
Goodie bag sangat cocok untuk menyimpan materi serta souvenir dari seminar. Selain itu tas untuk promosi serta menyimpan barang belanjaan juga cocok dengan model goodie bag. Goodie bag bisa terbuat dari material spunbound, furing, serta kanvas.
2. Tas untuk souvenir ulang tahun anak-anak
Jika ingin memproduksi tas untuk anak-anak pastikan desainnya menarik dan lucu. Dengan menambah desain bergambar kartun terkenal bisa menambah daya tarik bagi anak-anak.
3. Tas untuk pelatihan
Tas ransel biasanya tersedia untuk peserta pelatihan. Alasannya mungkin karena terisi kompartemen yang dapat berfungsi untuk menyimpan laptop. Selain itu ada juga yang menyediakan tas laptop itu sendiri untuk pesertanya.
4. Tas untuk souvenir pernikahan atau acara promosi alat rias
Pouch juga cocok untuk acara seperti ini. Pouch juga multifungi bisa dijadikan dompet, tempat menaruh power bank, perlengkapan untuk merias serta kotak pensil.
Review dari Pembeli
Jika pabrik tas Surabaya menyediakan web atau media sosial untuk pabriknya, jangan lupa cantumkan review yang bagus di media digital tersebut. Sebab hal ini akan menumbuhkan kepercayaan di hati calon pembeli. Selain itu pelanggan pun akan merasa terapresiasi, komennya yang bagus terpampang di media digital pabrik tas pilihannya.
Jika ingin mendapatkan ulasan yang bagus dari pembeli maka fasilitas pemesanan yang harus ada adalah :
1. Menyediakan admin penerima pesanan yang ramah dan solutif
2. Membuat mock up tas yang konsumen ingin pesan
3. Setelah DP diterima langsung diproduksi
4. Menggunakan bank yang mayoritas banyak dipakai oleh konsumen
5. Memilih kurir terpercaya dengan harga terjangkau
https://sentrakonveksitas.com/vendor-tas-surabaya/
Lima Aspek Penting yang Perlu Dikembangkan Pada Pabrik Tas Surabaya
Beberapa aspek penting yang perlu pengembangan agar pabrik tas Surabaya memenangkan persaingan pada sektor industri tas menurut Agus Gumiwang :
1. Memaksimalkan media digital
Pembuat kebijakan publik mengharapkan pemanfaatan media digital dapat menumbuhkan pabrik dengan produk berbasis industri 4.0 yang juga berperan sebagai jembatan antara inovasi dengan kebutuhan industri. Harapan ke depannya akan muncuk kisah sukses pabrik sebagai techno provider industry.
2. Berpikir dan bertindak kreatif
Memberikan ruang kreatif yang lebih luas kepada generasi muda sebagai upaya mengembangkan industri tas.
3. Membentuk SDM yang berkualitas agar menghasilkan produk yang bermutu
Kemenperin mendukung penciptaan SDM yang berkualitas dengan memfasilitasi pelatihan dengan sertifikat. Untuk produknya Kemenperin memfasilitasi sertifikasi untuk komoditi, restrukturisasi mesin atau peralatan dan memfasilitasi Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri.
Ada juga menyediakan SNI bagi pabrik, bantuan cetak kemasan, dan pengurusan Hak & Kekayaan Intelektual.
4. Promosi dan pemasaran yang tepat
Kemenperin memfasilitasi pengusaha industri tas untuk mengikuti pameran supaya mudah mempromosikan produk dan untuk meningkatkan pangsa pasar.
5. Mengajak beberapa lembaga untuk bermitra
Kerja sama dalam bentuk kemitraan menjadi suatu strategi untuk mengembangkan perusahaan untuk menghadapi kondisi persaingan yang semakin kompetitif.
Enam Hal yang Harus Pengusaha Pabrik Miliki saat Bersaing
Suatu industri akan maju jika sumber daya manusianya mudah berkembang, kreatif dan melek terhadap IPTEK dibarengi dengan kemajuan teknologi. Hal ini mengakibatkan individu yang memiliki daya saing tinggi dapat bertahan untuk memajukan suatu pabrik. Untuk bersaing dengan rekan kerja, bermodalkan pendidikan saja tidak cukup. Seseorang dituntut untuk memiliki beberapa keahlian untuk meningkatkan sektor industri serta nilai jual, di antaranya :
1. Terampil membaca kondisi bisnis
Menjadi pemilik suatu usaha adalah impian generasi milenial saat ini. Generasi milenial memulai bersaing secara ketat untuk membuka usaha salah satunya pabrik tas sesuai minatnya. Sebelum membuka bisnis pabrik tas, ada baiknya menentukan terlebih dahulu jenis usaha, kemudian modal, target pasar, serta wilayah operasional.
2. Membuat keunikan
Uang dan kepintaran tidak cukup menjadi modal untuk berbisnis. Sebagai pengusaha harus berpikir kreatif untuk menciptakan keunikan. Rajin-rajinlah mencari tahu trend saat ini serta pesaing yang dirasa sulit untuk dikalahkan. Berpikiran terbuka untuk mencari banyak ide agar tercipta inovasi.
3. Mengerti media digital
Saat ini kita harus mengerti tidak hanya sesuatu yang dapat dirasakan fisiknya tetapi juga harus mengerti dunia digital. Pelajari perilaku persaingan melalui media digital. Kita bisa melihat jika pesaing sudah memiliki web sendiri untuk promosi, menjual barangnya di toko komersil elektronik, menjual barang di media sosial serta memasukkan iklan di media digital.
4. Berani berpendapat
Jangan takut untuk mewujudkan ide, gagasan atau pendapat yang berbeda, unik bahkan liar sekalipun. Jaga ide ini agar tidak diambil oleh kompetitor.
5. Aktif di dunia maya
Manfaatkan media sosial untuk promosi serta berinteraksi dengan konsumen. Tuangkan kreativitas, opini, serta gagasan yang menarik untuk mengikat para viewers agar menjadi pembeli produk kita. Setelah menjadi pembeli berharap mereka engage dengan kita dan bisa menjadi pelanggan.